Fungsi Sehat Amandel

Semua pasti sudah tahu amandel, namun belum tahu fungsinya serta mengapa banyak orang yang mengalami masalah pada amandel mereka harus di operasi? Cari Tahu Apa Saja Fungsi Sehat Amandel Bagi Kita Disini Yuk !!

Amandel adalah bagian dari sistem limfatik, dimana masing² amandel terletak di kedua sisi bagian belakang tenggorokan. Fungsi utama amandel adalah sebagai garis pertahanan pertama dalam sistem kekebalan tubuh yang dilakukan dengan berbagai cara.

Mengenal Fungsi Sehat Amandel Untuk Tubuh Kita

Fungsi Sehat Amandel

Pelepasan limfosit

Amandel berperan dalam respon kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus yang dihirup atau ditelan. Sistem limfatik menghasilkan sel kekebalan yang disebut sebagai limfosit yang perannya untuk melindungi tubuh dari penyakit. Amandel menjebak bakteri dan virus yang masuk ke tubuh melalui hidung dan mulut.

Mencegah dari infeksi pernapasan

Bagian amandel yang disebut sebagai amandel faring atau kelenjar gondok melindungi paru-paru dari bakteri dan virus yang masuk ke tubuh melalui hidung. Mereka menjebak bakteri inhalasi yang berbahaya dan menghasilkan limfosit untuk menghancurkan mikroorganisme sebelum mereka mencapai paru-paru.

Mencegah Infeksi Lambung

Setiap rangkaian amandel terdiri dari tiga jenis amandel yang disebut tonsil palatine, faring dan lingual. Secara kolektif, massa jaringan limfatik ini mengelilingi bagian belakang rongga hidung dan mulut. Menurut situs Universitas Bagian Rutgers Life Sciences, amandel berfungsi untuk mempertahankan tubuh terhadap patogen sebelum organisme infeksius memasuki saluran pencernaan. Saluran pencernaan dimulai di mulut, termasuk faring, kerongkongan, perut, usus kecil atau besar dan berakhir di anus.

Setiap amandel terdiri dari jaringan kriptus (lubang) yang menyimpan sel yang digunakan untuk melawan infeksi. Amandel mengandung sel B sejenis sel darah putih untuk melawan infeksi. Selain itu, mereka juga memproduksi antibodi terhadap polio, pneumonia streptokokus, influenza, dan banyak infeksi lainnya. Sedangkan antibodi adalah protein yang membantu tubuh mengidentifikasi dan menyerang dari sesuatu yang berbahaya. Amandel juga mengandung beberapa jenis sel T, yaitu sel darah putih yang menghancurkan sel yang terinfeksi virus dan membantu tubuh membangun kekebalan terhadap organisme penyebab infeksi.

Amandel bisa membengkak saat mereka terinfeksi. Dimana kondisi ini lebih dikenal dengan tonsilitis. Tonsilitis adalah masalah yang sangat umum pada amandel kita, dimana ia terjadi ketika organisme bakteri atau virus menyebabkan radang jaringan tonsil. Kondisi ini akhirnya memicu seseorang mengalami demam, kesulitan dalam menelan, sakit tenggorokan, sakit telinga, kehilangan suara, nyeri tenggorokan dan kelenjar bengkak di leher.

Amandel yang membesar biasanya akan menyusut atau sembuh dengan sendirinya namun dalam jangka waktu yang lama. Kondisi yang terus dibiarkan, tentu memicu gejala semakin berkembang yang akhirnya penyakitpun menjadi sulit untuk disembuhkan, sehingga operasi menjadi solusinya.

Itulah ulasan mengenai peran amandel bagi tubuh yang sebenarnya, semoga informasinya bermanfaat. Salam sehat, By Obat pemulihan pasca operasi amandel

Fungsi Sehat Amandel

Leave a comment